3 Tipe Konten yang Bisa Bikin Cuan buat Bisnis mu, Berani Coba?

Di era modern ini, tidak asing lagi bagi pemilik usaha atau pemasar untuk memikirkan bagaimana membuat konten yang menarik sehingga dapat membuat orang tertarik untuk membeli produk atau menambah brand awareness. Jika diperhatikan, hampir semua brand yang ada mulai berlomba-lomba membuat konten setiap harinya dengan beberapa tujuan, salah satu dan yang paling utama yaitu meningkatkan sales.

Tetapi, pertanyaannya adalah konten seperti apa yang mampu menarik perhatian khalayak luas? Berikut KelasCuan merangkum 3 tipe konten yang bisa Sobat Cuan coba terapkan pada bisnis yang kamu punya!

  1. Edukatif

Tipe konten yang edukatif tentunya akan menuai banyak audiens. Pasalnya, tipe konten ini bukan hanya bersifat menawarkan sesuatu, tetapi juga mampu memberikan edukasi kepada audiens. Di saat yang sama, konten ini juga akan meningkatkan citra baik dari sebuah brand sekaligus meningkatkan engagement dengan audiens. Contohnya seperti sebuah brand kopi yang bukan hanya menawarkan produknya saja untuk kebutuhan sehari-hari. Brand ini memberikan edukasi mengenai kopi, seperti cara membedakan kopi robusta dan arabica, cara membuat kopi yang benar menggunakan mesin kopi dan lain sebagainya. Contoh lain, sebuah brand optik yang mengedukasi audiensnya dengan memberikan tips dalam menjaga kesehatan mata, tips memilih obat tetes mata yang baik dan seterusnya.

  1. Storytelling

Salah satu tipe konten yang tidak kalah menarik yaitu Storytelling. Seperti yang kita ketahui, Storytelling adalah bercerita. Jika diartikan dalam konteks ini, maka tipe konten Storytelling adalah konten yang berisi cerita.  Cerita tersebut dapat berupa cerita perjalanan dan perjuangan sebuah brand, cerita mengenai orang hebat di belakang kesuksesan sebuah brand, cerita tentang latar belakang diciptakannya sebuah produk dan lain sebagainya. Storytelling kini memiliki daya tarik yang cukup kuat dan di saat yang sama, Storytelling juga akan menambah Value pada brand. Dengan Storytelling, produk mu juga akan lebih dikenal, bukan hanya sebatas tahu saja. Tetapi, audiens dan konsumen mampu membedakan, memahami serta mengenali identitas produk atau brand dengan lebih jelas.

  1. Viral

Tipe konten terakhir yaitu Viral. Banyak brand berlomba-lomba untuk membuat konten agar dapat viral di media sosial. Tetapi, konten yang viral itu terkadang tidak pernah dapat diduga untuk menjadi konten yang viral. Sebab, bukan konten yang viral yang akan menarik perhatian, tetapi konten yang menarik perhatianlah yang memiliki potensi untuk viral. Sehingga, untuk Sobat Cuan yang adalah pemilik usaha atau pemasar, bukan buat konten yang viral supaya dikenal tetapi buatlah konten yang menarik dan juga mampu mengundang perhatian dan interaksi dengan audiens.

Nah, itu dia 3 tipe konten yang menurut KelasCuan mampu meningkatkan sales dan brand awareness pada sebuah brand. Terakhir, sebelum memproduksi sebuah konten, jangan lupa untuk kembali melihat target pasar atau target audiens mu yah! Hal tersebut dapat membantu Sobat Cuan dalam memproduksi konten yang bukan hanya menarik tetapi relevan bagi target market mu!

 

Yuk follow channel Telegram CUANPEDIA untuk dapetin update insight menarik seputar bisnis, digital marketing dan investasi. Langsung aja “KLIK DISINI”

 

Author : Christiansen Doveria Ticoalu

admincuan

admincuan

Artikel lainnya