Nabung bisa bikin Cuan? Bisa dong!

Sejak kecil, Sobat Cuan sudah diajarkan oleh orang tua untuk menabung melalui uang jajan yang dapat kita sisihkan, menabung di celengan ataupun dibantu oleh orang tua untuk menabung di dalam rekening bank. Semua itu bertujuan agar Sobat Cuan memiliki tabungan yang dapat berguna bagi masa depan.

Seiring bertambah usia, terlebih ketika memasuki usia remaja dan dewasa, Sobat Cuan pasti menemukan kesulitan dalam menabung bukan? Uang jajan atau gaji lebih cepat habis untuk makan, jalan-jalan atau foya-foya daripada disisihkan untuk tabungan masa depan. Bayangkan saja, berapa banyak kopi yang sudah kita beli selama ini yang sebenarnya kita bisa buat sendiri di rumah dan sisanya dapat kita tabung. Belum lagi mengikuti zaman, pakaian, gadget(tulis miring) dll yang seperti mengharuskan Sobat Cuan untuk mengeluarkan uang. Terkadang, barang-barang tersebut sebenarnya tidak genting untuk dimiliki. 

Nabung bisa Cuan

Nabung bisa Cuan? Bisa dong! Sederhananya, kalau Sobat Cuan konsisten menabung, hal tersebut bisa menjadi cuan yang berguna untuk kehidupan di masa yang akan datang.  Contoh mudah perhitungan segelas kopi yang hampir setiap hari kita konsumsi yang bisa jadi cuan kalau mau disubstitusi dengan kopi buatan sendiri.

 

Segelas kopi di gerai kopi = Rp. 25.000 (Setelah Rp tidak ada titik dan spasi, ex: Rp25.000)

Kopi bubuk = Rp. 50.000/kg (Setelah Rp tidak ada titik dan spasi, ex: Rp25.000)

 

Misalnya dalam sebulan Sobat Cuan membeli sebanyak 20 gelas kopi di gerai kopi, artinya jika dikalikan Rp. 25.000(Setelah Rp tidak ada titik dan spasi, ex: Rp25.000) maka totalnya menjadi Rp. 1.000.000(Setelah Rp tidak ada titik dan spasi, ex: Rp25.000). Sedangkan kopi bubuk per kg hanya Rp. 50.000(Setelah Rp tidak ada titik dan spasi, ex: Rp25.000) dan bisa dikonsumsi untuk 2 minggu. Jika ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti susu atau gula pun masih tetap terbilang lebih hemat dan murah ketimbang beli kopi di luar, sehingga jika dalam sebulan Sobat Cuan dapat mengurangi pembelian kopi di luar dan diganti dengan kopi buatan sendiri di rumah maka Sobat Cuan dapat hemat hingga sebesar Rp. 850.000(Setelah Rp tidak ada titik dan spasi, ex: Rp25.000). Nah, uang ini dapat Sobat Cuan alokasikan menjadi investasi ataupun tabungan. Mulai dari hal kecil, Sobat Cuan dapat menabung hingga mendapatkan cuan yang berguna juga masa depan kelak.

 

Tips Menabung yang Benar

Menabung memang tidak mudah, terlebih di era digital(ditulis miring) yang serba cepat. Rasanya menghabiskan uang juga menjadi lebih mudah. Mengutip artikel Lifepal.Id, berikut tips menabung yang benar yang bisa Sobat Cuan terapkan mulai dari sekarang:

  1. Tetapkan Tujuan Awal Menabung.

Sebelum mulai menabung, Sobat Cuan harus tetapkan terlebih dahulu tujuan menabung. Dengan begitu, Sobat Cuan akan lebih paham untuk apa tabungan tersebut dan menjadi lebih semangat menabungnya.

  1. Tentukan Prioritas.

Poin ini cukup sulit untuk dilakukan karena terkadang pilihan yang ada membuat Sobat Cuan merasa semua hal penting. Jika diperhadapkan pada pilihan, seperti menabung atau beli gadget(ditulis miring) baru dan di saat itu gadget(ditulis miring) kita masih berfungsi dengan baik, maka prioritaskan lah uang untuk menabung sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan di awal.

  1. Tetapkan Jumlah Target dan Waktu

Jangan lupa untuk tetapkan target dan tenggang waktu agar Sobat Cuan tidak terlena dengan waktu dan lama kelamaan akan kehilangan semangat menabung apabila tidak punya target dan tenggang waktu.

  1. Ketahui dengan jelas Pemasukan serta Pengeluaran.

Semua pemasukan dan pengeluaran harus Sobat Cuan ketahui dan catat yah! Hal ini membantu Sobat Cuan untuk memantau bagaimana pengelolaan uang selama ini. Jika ada lebih dari pemasukan yang tidak kita gunakan, maka dapat ditabung.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat Sobat Cuan terapkan sehingga nabung kalian bisa jadi cuan! Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit!

 

Yuk follow channel Telegram CUANPEDIA untuk dapetin update insight menarik seputar bisnis, digital marketing dan investasi. Langsung aja “KLIK DISINI”

Author : Christiansen Ticoalu

admincuan

admincuan

Artikel lainnya